Wednesday, 20 May 2020 Sukses Berkarir
5 Tipe Software HRIS Indonesia Yang Paling Dicari

HRIS Indonesia – Salah satu faktor paling krusial dala perkembangan sebuah perusahaan adalah Sumber Daya Manusia. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik akan membuat kinerja perusahaan menjadi semakin optimal. Oleh karena itu, untuk mengelolanya dibentuklah tim khusus atau yang sering disebut dengan Human Resources Development.

Baca juga: Saatnya Beralih Ke Software HRD Yang Lebih Modern!

Human Resources Development bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan yang memiliki korelasi dengan ketersediaan, pengembangan, hingga kesejahteraan sumber daya manusia. Beban tugas yang berat mewajibkan HRD untuk melakukan pekerjaan dengan seefisien mungkin, salah satunya dengan menggunakan software HRIS. Akan tetapi, pemilihan software HRIS tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut adalah tipe HRIS yang paling dicari di Indonesia.

1. Benefits Focused Software

Tipe HRIS Indonesia yang paling banyak dicari pertama adalah Benefits Focused Software. HRIS tipe ini memiliki orientasi pada perhitungan gaji karyawan. Orientasi tersebut tentunya akan sangat membantu Human Resources Development dalam melakukan perhitungan gaji karyawan yang cukup ribet. Umumnya, software HRIS yang dipilih untuk tipe ini adalah yang mampu memberikan perhitungan gaji sedetail mungkin. Oleh karena itu komponen fitur seperti insentif, tunjangan, pajak, komisi, bonus, dan lain-lain harus disertakan dalam software ini agar tugas HRD semakin mudah dan efisien.

2. Recruiting Focused Software

Selain mengurusi masalah gaji, Human Resources Development juga memiliki tugas dalam hal recruitment. Rekrutmen tentunya menjadi salah satu tugas HRD yang rumit, karenanya karena prosesnya yang cukup panjang. Mulai dari awal, HRD harus memastikan bagian perusahaan yang memerlukan tambahan tenaga kerja. Setelah itu HRD harus mulai menentukan kriteria tertentu dan mulai melakukan pencarian. Tidak berhenti di situ, HRD harus melakukan seleksi, tes, interview, dan memastikan proses rekrutmen selesai hingga tenaga kerja baru mulai bekerja. Agar lebih efisien, biasanya HRD menggunakan HRIS untuk keperluan tersebut, tentunya dengan fitur dan komponen yang mampu meng-cover seluruh kegiatan rekrutmen dengan seefisien mungkin.

3. Performanced Focused Software

Performanced Focused Software adalah tipe HRIS Indonesia selanjutnya yang paling banyak dicari. HRIS tipe ini memiliki orientasi dalam penilaian kinerja karyawan. Penilaia kinerja karywan tersebut meliputi review, pencapaian, hingga evaluasi kinerja karyawan. Dengan software ini, HRD tentunya akan dimudahkan dalam melakukan memberikan apresiasi sesuai dengan kinerja yang dilakukan oleh karywan dengan lebih mudah.

4. Training Focused Software

Software HRIS tipe ini memiliki orientasi pada pengembangan karyawan. Dengan menggunakan software HRIS pengembangan karyawan biasanya dapat dilakukan secara lebih mudah dan terukur, karena disesuaikan dengan kinerja karyawan serta potensi dari tiap karyawan. Pengembangan umumnya dilakukan dengan pengenalan profil perusahaan serta pelatihan pengembangan diri untuk karyawan.

5. Workforce Focused Software

Tarakhir adalah Workforce Focused Software. Software tipe ini umumnya berorientasi pada manajemen tenaga kerja secara umum seperti, absensi, jadwl cuti, pembagian shift, dan hal lainnya yang biasanya dikerjakan secara rutin. Software tipe ini biasanya memiliki integrasi ke sistem absensi serta penggajian agar mempermudah pendataan dan perhitungan.

Demikianlah lima tipe software HRIS Indonesia yang banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan untuk mempermudah pekerjaan mereka. Pemilihan tipe HRIS tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Software HRIS yang baik adalah yang mampu memberikan kemudahan akses serta kelengkapan fitur yang dapat memastikan kesejahteraan karyawan, seperti yang diberikan oleh HRIS dari Talenta. HRIS produksi talenta memberikan kemudahan serta fitur-fitur yang dapat digunakan oleh karyawan seperti, mobile employee self service, health check survey, employee task manager, dan juga announcement secara langsung melalui satu aplikasi. 

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus