Friday, 3 July 2020 Tetap Bugar
6 Langkah Cuci Tangan Yang Benar Mengunakan Sabun Dan Air Mengalir

Salah satu cara paling mudah untuk menjaga kesehatan adalah mencuci tangan. Pasalnya tangan yang kotor dapat menularkan banyak penyakit seperti flu, diare, dan mata merah. Untuk mencegah berbagai penyakit tersebut, harus dilakukannya langkah yang baik dan benar saat mencuci tangan supaya benar benar hilangnya kuman yang berbahaya. Jika mencuci tangan dilakukan dengan asal asalan atau sembarangan, maka bakteri dan virus yang menempel di tangan dapat menyerang tubuh. 

Kanya Fidzuno seorang dokter spesialis anak dalam peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia 2019 yang digelar Lifebouy di Jakarta, pada Selasa (15/10/2019) berkata “Mencuci tangan merupakan langkah paling dasar, murah, dan efektif untuk mencegah penularan penyakit harian seperti batuk, pilek, diare, serta mata merah.”

Mencuci tangan yang baik dan benar harus dilakukan dengan sabun serta air yang mengalir. Penggunaan sabun ini penting karena dapat membunuh kuman, sedangkan air yang mengalir dapat meluruhkan kuman yang menempel di tangan. Berikut dibawah ini 6 langkah cuci tangan yang benar mengunakan sabun dan air mengalir diantaranya yaitu : 

  1. Telapak Tangan

Pertama tama basuh tangan dengan air bersih yang mengalir, lalu bubuhkan sabun cuci tangan ke telapak tangan secukupnya. Lalu rekatkan diantara tangan kanan dan tangan kirimu. 

  1. Telapak Punggung Tangan

Kemudian posisikan telapak tanganmu diatas punggung tangan kiri dan sebaliknya. Bagian tangan ini yang biasanya sering luput dari perhatian karena kebanyakan orang hanya mencuci telapak tangannya saja. 

  1. Sela Sela Jari

Telapak dengan telapak tangan serta sela sela jari juga jangan sampai terlewat untuk dibersihkan dengan sabun dan air yang mengalir. Karena bagian sela sela jari ini seringkali dijadikan tempat yang nyaman untuk bakteri dan kotoran bersarang setelah beraktivitas. Maka jangan pernah lupa untuk usapkan sabun pada seluruh sela sela jari hingga berbusa. 

  1. Punggung

Posisikan punggung jari pada telapak tangan satunya dengan jari saling mengunci, hal tersebut supaya lebih meratanya sabun ke seluruh bagian tangan. 

  1. Jempol

Lalu jempol kanan digosok memutar oleh telapak tangan kiri dan sebaliknya. 

  1. Ujung Jari

Kemudian ujung jari kiri menguncup, lalu gosok memutar ke kanan dan kiri pada telapak tangan dan sebaliknya. 

Hingga saat ini masih banyak orang yang bertanya tanya, mengapa harus mencuci tangan menggunakan sabun? Dan apakah benar tangan yang kotor dapat menimbulkan penyakit?

Kamu harus tahu jawabannya, supaya tidak ragu lagi untuk memulai membiasakan diri mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Tangan adalah bagian dari tubuh yang cenderung sering bersentuhan dengan benda lain. Misalnya saja tangan ini akan memegang banyak benda saat berada di transportasi umum, kantor, taman, atau tempat lainnya. Dan tidak jarang juga seseorang melalui sentuhan tangannya melakukan interaksi dengan orang lain. Padahal tidak tahu persis tentang jumlah kotoran atau kuman yang menempel pada telapak tangannya. 

Jika hal tersebut dibiarkan tanpa melakukan langkah – langkah cuci tangan yang benar mengunakan sabun dan air mengalir diatas, kemungkinan besarnya akan beresiko tinggi mudah terserang penyakit. Pasalnya tangan kotor tersebut nantinya akan digunakan untuk makan atau memegang bagian tubuh yang lainnya seperti mata, hidung, dan mulut. Selain itu juga kotoran dan kuman akan lebih mudah masuk kedalam tubuh saat tangan selalu kotor. 

 

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus