Thursday, 27 August 2020 Tetap Bugar
8 Manfaat Kencur yang Harus Kamu Ketahui

Kencur adalah jenis tanaman terapi yang telah dikenal sejak lama mengingat fakta bahwa ia memiliki banyak manfaat medis, meskipun penggunaannya biasanya digunakan untuk bahan makanan di bebrapa negara di asia salah satunya di indonesia. Selanjutnya, artikel ini akan berbicara tentang berbagai manfaat kencur untuk kesehatan.

Sebagai aturan, kencur sering digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Selain itu, kencur juga berguna untuk meredakan masuk angin, meredakan kaki yang terkilir, mengobati sakit maag, mempertahankan tubuh yang kuat agar tetap bugar, mengurangi peristaltik usus, mengurangi rasa sakit, menenangkan otak, dan menjadi sumber yang baik untuk pencegahan kanker, kaya akan serat sehingga sangat baik untuk pencernaan.

Untuk mendapatkan manfaat yang dari kencur ini, banyak orang asia yang mengolahnya menjadi berbagai macam minuman atau bumbu untuk masakan tertentu. Salah satunya di Indonesia kencur sering digunakan sebagai minuman tradisional jamu, atau banyak juga makanan khas Indonesia yang menggunakan kencur sebagai salah satu bumbu.

Berikut ini adalah 8 manfaat kencur untuk kesehatan kita

  1. Meringankan masuk angin

Kencur memiliki salah satu ciri khas yaitu bisa membuat tubuh menjadi hangat.  Karena itu, kencur dapat digunakan untuk obat masuk angin dengan cara membuat tubuh mengeluarkan angina melalui kentut. Untuk mengkonsumsi kencur untuk meringankan masuk angin, kalian bisa membuat campuran kencur yang digodok dengan air gula dan garam. Kemudian konsumsi air godokannya

  1. Untuk kaki terkilir dan pegal-pegal

Kencur juga memiliki kapasitas untuk mengobati keseleo kaki pegal-pegal. Ini karena kencur dapat berfungsi sebagai karakteristik yang lebih panas yang dapat mengendurkan otot dan ligamen yang tegang karena terkilir atau pegal-pegal.

  1. Menyembuhkan batuk berdahak

Zat yang terkandung dalam kencur dapat melemahkan lendir dengan tujuan agar saluran pernapasan lebih lancar. Jika kalian memiliki batuk berdahak kalian bisa menggunakan kencur sebagai expektoran atau obat yang bisa mencairkan lender atau dahak yang susah dikeluarkan, kalian bisa merebus kencur dengan tambahan sedikit garam dan gula. Kemudian kalian bis ameminumnya sehari dua kali.

  1. Mengobati sakit tenggorokan

Ternyata tanaman restoratif ini juga dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan. Herbal yang diproduksi menggunakan kencur dapat meredakan saluran pernapasan, termasuk dengan mengobati sakit tenggorokan.

  1. Mengobati penyakit maag

Sakit perut karena magh juga bisa diobati menggunakan kecur. Penemuan yang diproduksi menggunakan ground galingale atau kencur untuk mendapatkan kondisi perut yang lebih baik, sehingga menghindari terjadinya refluks asam.

  1. Mempengaruhi tubuh untuk menjadi lebih bugar

Jadi, kalian dapat melakukan olahraga sehari-hari dengan mudah, kalian harus menjaga kesehatan tubuh dengan cara berbeda. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi kencur, yang dapat digunakan sebagai pilihan kontras karakteristik untuk menjaga stamina tubuh kalian

  1. Mengurangi diare

Peristaltik usus meningkat adaalah jenis infeksi yang sangat sering terjadi dan hal tersebutlah yang menyebabkan terjadinya diare. Tidak diragukan lagi, kalian pasti merasa lelah karena harus mondar-mandir ke toilet dan tidak jarang kalian menjadi dehidrasi karena cairan tubuh keluar melalui feses. Nah untuk mengurangi diare ini kalian bisa mengkonsumsi jamu yang menggunaakan kencur.

  1. Sebagai Pereda Nyeri

Kencur adalah salah satu tanaman terapi yang disebut kencur mengandung minyat yang tidak stabil yang dapat digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit. Selain itu, rasa sakit yang kalian rasakan juga bisa berkurang ketika kalian memakannya secara teratur.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus