Thursday, 26 November 2020 Cantik Tetap Bugar
6 Manfaat Baik Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh Wanita 

Salah satu bahan masakan inti adalah bawang putih. Fungsi bumbu ini adalah untuk menambah cita rasa makanan. Bawang putih juga termasuk dalam genus Allium, yang merupakan satu jenis dengan daun bawang serta bawang merah. Sudah sejak lama bawang putih dijadikan sebagai bumbu masakan. 

Tetapi ternyata bawang putih tidak hanya dijadikan sebagai bumbu saja, tetapi juga menawarkan beragam manfaat. Salah satunya menawarkan manfaat baik untuk kesehatan tubuh kaum wanita. Berikut dibawah ini 6 manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh wanita, diantaranya yaitu : 

  1. Mencegah Kanker Payudara

Menurut National Cancer Institute, bawang putih memiliki sifat bakteri sehingga mampu memberi efek perlindungan. Sedangkan CancerActive mengungkapkan bahwa bawang putih mengandung senyawa sulphur dan allicin yang mampu mengikat sel kanker serta mencegah aksi agen kanker.  

Allicin dalam bawang putih juga mampu membuat tubuh menjadi lebih kuat terhadap infeksi. Khususnya bakteri, virus, ragi, serta infeksi usus. Kamu bisa mendapatkan khasiat bawang putih ini dengan cara mengkonsumsinya baik dalam keadaan mentah atau dimasak terlebih dahulu. 

  1. Membuat Kulit Lebih Bercahaya

Bawang putih juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas, memperlambat penurunan kolagen, serta hilangnya elastisitas kulit. Bawang putih juga saat diterapkan pada kulit dapat memberikan khasiat yang luar biasa. Sangat baik dimanfaatkan untuk mencegah infeksi jamur serta kurap. 

Cara memanfaatnya adalah cukup mengoleskan bawang putih yang telah dihancurkan pada kulit. Setelah itu pijat secara perlahan. Tetapi jika kulitmu sensitif bisa menambahkan bahan penetral alami seperti madu atau minyak zaitun. Atau kamu juga bisa mengkonsumsi bawang putih mentah dua siung dengan air hangat terlebih dahulu di pagi hari. Setelah itu perbanyak mengkonsumsi air putih sepanjang hari. 

  1. Mencegah Rambut Rontok

Bawang putih memiliki sulphur tinggi yang mengandung keratin. Senyawa ini mampu mendukung pertumbuhan rambut serta meningkatkan kekuatan rambut. Untuk memanfaatkannya, kamu hanya perlu mengoleskan minyak yang mengandung bawang putih ke kulit kepala, lalu pijat secara perlahan. Kemudian rasakan manfaatnya dengan kembalinya rambut indah alami kamu. 

  1. Mengatasi Pilek Dan Flu

Sebuah studi yang dipublikasikanm oleh Jurnal Advances In Therapy mengungkapkan bahwa bawang putih mampu membantu mengurangi kondisi pilek hingga 63 persen. Rata rata akan berkurangnya gejala flu hingga 70 persen hanya dalam waktu setengah hari saja. Dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin setiap hari maka mampu membantu meredakan hidung tersumbat, sinusitis, hingga menghilangkan sakit kepala.

Cara memanfaatkannya adalah kamu tinggal ambil dua hingga tiga suing bawang putih mentah atau matang sehari. Lalu campurkan bawang putih dengan teh, sedikit madu, serta jahe. 

  1. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Bawang putih secara signifikan mampu membantu mengurangi tekanan darah berkat kandungan senyawa aktif didalamnya. Bawang putih bisa disetarakan dengan efek obat pada umumnya. Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu hanya perlu mengkonsumsi bawang putih secara rutin, dengan cara dimasak terlebih dahulu atau dimakan mentah. 

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Dengan mengkonsumsi bawang putih setiap hari, baik yang mentah atau dimasak terlebih dahulu, maka mampu menurunkan kolesterol. Hal tersebut dikarenakan sifat antioksidan yang dimiliki bawang putih yaitu allicin. Sebuah studi yang dilakukan Jurnal Annals of Internal Medicine menemukan bahwa efek bawang putih terhadap kolesterol total pada orang dengan kadar tinggi, sedang menurunkan kolesterol.        

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus