Saturday, 13 March 2021 Gadget
Kumpulan Informasi Seputar Google Map dan Langkah Penggunaannya

Penggunaan Google Map saat ini tentu sudah bukan hal yang asing lagi. Banyak sekali yang menggunakan Google Map untuk berbagai keperluan. Namun demikian tetap saja ada beberapa orang yang masih belum paham tentang kumpulan informasi seputar Google Map, misalnya tentang cara dan langkah penggunaannya. Terutama bagi yang tidak terbiasa dengan teknologi tersebut, tentunya membutuhkan informasi tentang penggunaan Google Map dengan baik. Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa langkah penggunaan Google Map secara akurat.

Gunakan Teknologi Yang Mendukung

Pertama-tama sebaiknya pahami dulu bagaimana sebenarnya Google Map ini akan bekerja. Karena tanpa pemahaman ini maka akan sulit bagi kalian untuk menyediakan teknologi yang dapat mendukung berjalannya Google Map serta aplikasinya secara optimal. Maka dari itu sebaiknya pastikan sudah memiliki perangkat yang dibutuhkan, misalnya smartphone, PC yang memadai hingga software yang harus dimiliki untuk mendukung pembuatan Google Map sesuai keinginan. Ada banyak info yang bisa didapatkan melalui dunia maya, sebaiknya cari yang spesifik sesuai kebutuhan Anda.

Siapkan Akun Pembayaran

Sangat penting menyiapkan akun pembayaran yang sesuai untuk layanan Google Map ini nantinya.  Perlu diketahui bahwa layanan tersebut membutuhkan biaya yang perlu dibayarkan secara bulanan maupun tahunan. Sehingga untuk dapat memanfaatkan penggunaan Google Map, maka sebaiknya buatkan akun pembayaran yang sesuai dengan permintaan atau yang diterima oleh sistem Google Map itu sendiri. Misalnya saja yaitu melalui billing yang disediakan oleh Google Cloud Platform Console. Sehingga nantinya saat aplikasi Google Map mulai aktif digunakan, Anda juga tidak akan mengalami kesulitan untuk melakukan pembayaran.

Buat Projek

Apabila akun pembayaran yang dibuat telah siap, maka masih melalui Google Cloud Platform, buatlah projek baru sesuai tujuan penggunaan Google Map yang ingin Anda lakukan. Kaitkan projek tersebut dengan akun pembayaran yang telah sukses dibuat. Sehingga secara otomatis nantinya pembayaran akan ditagihkan untuk keperluan projek tersebut.

Aktifkan API/SDK

Lanjutkan dengan melakukan aktivasi API/SDK. Hal ini cukup dilakukan dengan langkah sederhana, yaitu dengan menekan tombol pengaktifan pada halaman projek yang telah dibuat sebelumnya. Perlu diketahui bahwa jika memutuskan untuk mengaktifkan API/SDK ini, maka secara tidak langsung juga mengaktifkan Library Places, Maps JavaScript API, dan beberapa hal lainnya secara bersamaan. Setelahnya pastikan untuk mengecek ulang apakah API/SDK ini benar-benar telah aktif atau tidak.

Dapatkan API Key Pada Aplikasi

Langkah terakhir yang perlu dilakukan sebelum Google Map yang dibuat benar-benar selesai yaitu memastikan untuk mendapatkan API Key dari proses aktivasi sebelumnya. Nantinya API Keu ini yang akan dimasukkan ke dalam aplikasi yang dibuat tadinya. Sehingga Google Map dapat digunakan secara penuh dan berfungsi sebagaimana mestinya. Jangan lupa untuk menambahkan batasan API Key hanya pada aplikasi milik Anda saja.

Itulah beberapa kumpulan informasi seputar Google Maps terutama tentang langkah penggunaannya. Tentunya bisa memberikan banyak manfaat bagi yang ingin menggunakan untuk berbagai macam kepentingan. Terutama bagi yang belum familiar dan kurang memahami penggunaan teknologi ataupun gadget pendukungnya.

Adapun jika berencana untuk mencari layanan jasa Google Map yang terpercaya, sebaiknya serahkan pada ahlinya. Salah satunya yaitu Terralogiq yang telah berpengalaman dengan jasa layanan Google Map sejak tahun 2013 lalu. Didukung oleh tim profesional dan layanan yang memuaskan, tentunya Terralogiq merupakan pilihan terbaik yang mampu mengutamakan kepuasan para pelanggannya.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus