Saturday, 13 March 2021 Sukses Berkarir
Kumpulan Informasi Seputar HR dan SDM Tentang Motivasi Karyawan

Kumpulan informasi seputar HR dan SDM rupanya tidak terbatas. Hal ini berkaitan dengan peran dan tugas HR yang pada umumnya melakukan pengelolaan terhadap SDM perusahaan. Bahkan pengelolaan ini dilakukan hampir di segala aspek ataubidang yang berkaitan dengan SDM. Salah satunya adalah dalam hal peningkatan prestasi kerja karyawan. Prestasi kerja karyawan ini tentunya bisa diraih misalnya dengan melakukan peningkatan motivasi terhadap para karyawan yang pada dasarnya merupakan aset penting dari suatu perusahaan. 

Cara Memotivasi Karyawan oleh HR

  1. Menghargai ide karyawan

Setiapkaryawan sudah pasti memilikipikiran dan ide serta pendapat. Apa yang menjadi ide bagi seorang karyawan sudah tentu berbeda dengan karyawan lainnya. Namun segala ide ini bisa didengar oleh pihak HR sehingga karyawan bisa merasa begitu dihargai oleh perusahaan. Mungkin saja ide yang diberikan karyawan bisa menambah kreasi dan inovasi bagi perusahaan. 

  1. Memelihara hubungan baik

Untuk menanamkan semangat kerja maka HR haruslah memiliki hubungan yang baik dengan setiap karyawan. Hubungan sosial yang baik antara HR dan SDM perusahaan bisa membantu tim HR dalam menanamkan motivasi kerja. Dengan adanya hubungan sosial yang baik pula maka nantinya HR bisa meningkatkan komunikasinya dengan para karyawan. 

  1. Merencanakan karier karyawan

Karyawan yang berkerja dengan penuh semangat berhak untuk mendapatkan apresiasi dari perusahaan. Kerja keras karyawan bisa dihargai oleh perusahaan dalam bentuk apa saja. Misalnya dengan perencanaan karier yang akan diberikan oleh karyawan dengan prestasi kerja yang meningkat. Jika sampai karier meningkat maka sudah pasti karyawan akan merasa senang dan sangat diapresiasi oleh perusahaan. Bukan tidak mungkin karyawan akan terus mempertahankan prestasinya sebagai bentuk loyalitas terhadap perusahaan. 

  1. Menjelaskan peran karyawan

Peran karyawan dalam perusahaan harus dipahami dengan jelas oleh karyawan itu sendiri. Maka nantinya setiap tugas dan tanggung jawabnya bisa dilakukan dengan baik dan sesuai perannya masing-masing. Oleh karena itu tim HR perlu menjelaskan peran dari masing-masing karyawan baik sebagai SDM perusahaan maupun sebagai pemegang jabatannya masing-masing. Adanya penjelasan dari HR nantinya bisa semakin memudahkan HR dalam melakukan koordinasi karyawan. 

  1. Mengapresiasi peningkatan kerja

Peningkatan kerja yang dilakukan oleh karyawan sama halnya dengan sebuah prestasi. tentu saja hal ini perlu diapresiasi oleh perusahaan. Apresiasi atau reward yang diberikan bisa dalam bentuk apa saja. Misalnya dalam bentuk jenjang karier yang emningkat atau mungkin dalam bentuk bonus dan lainnya. Segala bentuk apresiasi yang diterima oleh karyawan biasanya akan menambah semangat kerja hingga produktivitas dan kualiats karyawan sebagai SDM perusahaan bisa semakin meningkat. 

Perlunya Motivasi Kerja

Kumpulan informasi seputar HR dan SDM terutama dengan topik motivasi kerja bisa menjadi suatu hal menarik yang perlu dibahas. Motivasi kerja tentu saja menjadi hal penting yang perlu ditanamkan pada para karyawan. Sebab dengan adanya motivasi kerja maka produktivitas karyawan akan meningkat misalnya dengan hadir di tempat kerja tepat waktu dan selalu memanfaatkan jam kerja secara lebih optimal. Sekarang ini untuk mengetahui kinerja pegawai selama jam kerja bisa dilakukan dengan lebih mudah yaitu menggunakan aplikasi terbaik seperti misalnya aplikasi Appsensi. Kehadiran karyawan sampai dengan pulangnya bisa diketahui secara jelas. Demikian pula dengan jam lembur ataupun cuti karyawan juga akan diketahui secara lebih detail melalui media absensi yang bisa diakses via online tersebut. Maka produktivitas karyawan nantinya bisa diketahui secara lebih rinci. 

 

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus