Wednesday, 5 May 2021 Kuliner
Olahan Menu Sahur Sederhana 

Membuat menu sahur setiap hari memang membutuhkan ide yang tidak terbatas. Terkadang Anda mungkin bingung apa yang harus dimasak agar tidak bosan. Apabila Anda kebingungan akan memasak apa untuk hari ini, Anda bisa menengok 4 resep dibawah ini. Berikut adalah 4 resep menu sahur sederhana setiap harinya:

  1. Tumis Sayur Sosis 

Tumis sayur sosis bisa menjadi alternatif resep pertama yang Anda coba. Pertama, Anda perlu menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang harus Anda persiapkan adalah 1 buah bawang bombay dipotong halus, 1 buah jagung manis yang dipipil, 1 buah wortel diiris serong, 1 kuntum brokoli yang sudah dipotong, 2 sendok makan kecap manis, 2 sendok makan saus tomat, 3 sendok makan kacang polong, 3 sendok mentega, 3 sendok makan saus sambal, 5 buah cabai keriting dipotong tipis, sosis sesuai selera dan bumbu penyedap. 

Pertama, panaskan teflon dan masukkan mentega. Jika sudah panas, tumis bawang bombai hingga mengharum. Setelah itu, masukkan cabai dan aduk rata. Selanjutnya, masukkan sayuran hingga sedikit layu. Tambahkan air untuk membuat sayur semakin matang. Setelahnya, masukkan sosis yang sudah dipotong. Masak hingga sayuran menjadi lunak. Terakhir, tambahkan saus tomat, kecap dan bumbu penyedap sesuai selera. Tunggulah hingga air menyusut. Menu siap dihidangkan. 

  1. Tumis Kol Pedas Ikan Asin 

Anda bisa mengubah ikan asin menjadi masakan yang istimewa. Bahan yang dibutuhkan adalah kol secukupnya, 2 ekor ikan asin yang dipotong kecil, 3 siung bawang putih dan 4 siung bawang merah yang sudah dicincang halus, 10 cabe rawit merah, 10 cabai merah keriting, setengah sendok the lada bubuk, satu sendok teh saus tiram, air matang 100 ml dan bumbu penyedap. 

Pertama, goreng ikan asin terlebih dahulu sampai berwarna kecoklatan. Jika sudah, masukkan bawang merah dan putih lalu tumis hingga harum. Masukkan bumbu lainnya seperti cabai lalu aduk hingga matang. Tambahkan kol yang sudah dipotong dan bumbu penyedap sesuai selera. Terakhir, tambahkan air matang hingga sayuran menjadi layu. Sajikan dengan nasi hangat. 

  1. Sawi Bawang Putih 

Anda juga bisa mengolah sayur untuk menu sahur kali ini. Bahan yang harus dipersiapkan adalah 300 gram sawi putih, 2 siung bawang putih cincang, 2 cm jahe diirisi tipis, 1 sendok makan kecap asin, setengah sendok the merica bubuk, 2 sendok makan saus tiram, gula pasir dan kaldu bubuk secukupnya, setengah sendok makan maizena yang dilarutkan dengan 4 sendok makan air, 100 ml air dan minyak sayur secukupnya. 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiangi sawi dan cuci bersih lalu tiriskan. Setelah itu, tumis bawang putih hingga berwarna kekuningan. Anda bisa mengangkat setengahnya untuk dijadikan taburan nanti. Setelah itu, campurkan sawi ke dalam wajan. Tambahkan jahe, kecap asin, saos tiram, bumbu penyedap dan air. Aduk rata hingga sayuran menjadi layu. Langkah berikutnya, tambahkan larutan maizena dan tunggu hingga sayuran sedikit mengental. Angkat dan sajikan bersama dengan bawang yang tadi sudah disisihkan.

Itu dia 3 resep menu sahur sederhana yang bisa Anda coba. Tidak harus mahal, Anda bisa mencoba menu sayur harian dengan bahan yang mudah ditemukan dan ada di dalam kulkas. Kuncinya, Anda bisa mencoba setengah resep apabila takut mengalami kegagalan. Jadi, selamat mencoba. 

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus