Sunday, 9 May 2021 Resep
Resep dan Cara Membuat Keju dengan Mudah, Keju Memiliki Banyak Manfaat, Simak..!

Keju adlaah salah satu mekanan populer di Indonesia meski, sebenarnya keju adalah makanan yang mudah untuk dibuat sendiri namun, masyarakat Indonesia lebih memilih untuk membelinya. Mungkin saja karena masyarakat Indonesia menyukai segala sesuatu yang instan. Keju adalah salah satu makanan produksi hewani yang terbuat dari susu.

Keju sendiri memiliki banyak jenis seperti parmesan, cheddar, mozzarella, blue cheese, dan masih banyak lagi keju jenis lainnya. Biasanya keju disantap untuk dessert, dicamil, dan bisa juga menjadi makanan pokok yang menggunakan komposisi keju didalamnya. Nah kali ini kami akan memebrikan informasi seputar resep dan cara membuat keju. Ga sabar membuatnya untuk menu buka puasa dengan takjil manis ini? Simak ulasannya sebagai berikut.

Bahan-bahan

  • 1 Liter susu sapi
  • 2 buah lemon (Ukuran besar)
  •  1 sdm garam

Cara membuat

  1.  Langkah pertama masukan susu beserta garam ke dalam panic yang sudah disiapkan, lalu panaskan dengan menggunakan api kecil. Selanjutnya masukan perasan lemon dan aduk hingga merata secara perlahan.
  2.  Langkah kedua aduk sampai susu dan lemon sedikit mengental yang akan membentuk gumpalan kecil. Jika dirasa adonan telah membentuk gumpalan kecil kamu harus mematikan api kemudian diamkan di atas kompor.
  3.  Selanjurnya kamu bisa diamkan selama sekitar 2 jam di dalam panci supaya adonan tersebut mengental dengan sempurna. Setelah didinginkan kamu hanya perlu menuangkan di atas kain saringan yang sudah di berikan mangkuk di bawahnya. Jika tidak memiliki kain saringan kamu bisa menggantinya dengan serbet yang masih bersih.
  4.  Langkah keempat kain bekas saringan tadi digunakan untuk memisahkan air panas dan ampas susu. Selanjutnya adonan yang sudah didiamkan selana 2 jam tadi akan mengering dan kamu bisa membungkus adonan itu dengan menggunakan kain saringan dengan rapat-rapat.
  5.  Langkah terakhir kamu bisa memasukkan keju ke dalam wadah yang sudah disediakan lalu, masukkan ke dalam kulkas selama kurun waktu 1 hari agar mengeras dengan sempurna. Seteah satu hari di dalam kulkas kamu bisa memotongnya sesuai keinginan, lalu keju yang kamu buat sudah bisa dinikmati.

Nah, bagaimana cukup mudah bukan untuk membuat keju sendiri? Oh ya, untuk sekedar informasi bahwa, keju adalah salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat salah satunya mencegah kanker hati. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Tecas A & M University, keju adalah makanan yang mampu menurunkan resiko kanker hati, hal itu dikarenakan keju mengandung senyawa spermidine yaitu, kandungan sneyawa yang bisa mencegah fibrois hati dan juga karsinome hepatoseluler.

Selain daripada itu keju juga mampu menyeimbangkan berat badan, keju alami umumnya memiliki kandungan yang rendah lemak. Nah makanan rendah lemak sendiri berguna untuk menjaga keseimbangan berat badan. Selain itu keju juga dapat digunakan sebagai makanan penambah berat badan jika kadar konsumsinya lebih banyak.

Yang terpenting yaitu keju memiliki manfaat untuk menyehatkan tulang dan otot, manfaat keju yang paling populer. Keju memang makanan yang dapat menjaga tulang dan otot tetap kuat maka dari itu, orang yang rajin mengkonsumsi keju sangat jarang terkena osteoporosis.

Nah itulag beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar resep, cara, dan manfaat keju. Bagaimana apakah kalian tertarik untuk membuat keju sendiri? Atau kalian tertarik untuk mengkonsumsi keju secara rutin? 

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus